“Kelas Inspirasi” is inspiring others to have better life

“Kelas Inspirasi”, pertama kali mendengar dari seseorang mahasiswa yang pernah menjadi fasil pada program tersebut. Dia mulai meyakinkan saya kalo program ini sangatlah “worthy to follow”. Selain itu, visi, misi dan testimony dari relawan yang berasal dari berbagai provinsi yang tersebar di seluruh Indonesia melalui web kelas inspirasi.org semakin memantapkan hati saya untuk registrasi sebagai relawan pengajar. Pada program KIMAG 4 saya berkesempatan untuk berbagi inspirasi pada siswa-siswi di SDN Sundul 1 dan 2 Kecamatan Parang Kabupaten Magetan.


Then the story beginsBertemulah saya dengan “actors & actress” dibalik suksesnya hari inspirasi di SDN Sundul 1 dan 2 Parang Magetan. Sehari sebelum “show time”, kita bertemu untuk menyamakan visi, misi dan “round down” kegiatan besoknya. Sang enterpreneur, illustrator, rescue team dan master Bahasa Prancis bergabung menjadi satu tim dengan saya yang berprofesi sebagai dosen Bahasa Inggris. Karena program ini adalah Kelas Inspirasi pertama bagi saya, maka saya harus banyak bertanya kepada relawan lain yang notabennya sudah malang melintang di dunia Kelas Inspirasi baik di Magetan maupun daerah lain. Atas saran dan masukan beliau-beliau yang sudah expert, mulailah saya merancang strategi yang akan saya gunakan untuk mempekenalkan profesi saya kepada anak usia SD.

The Inspiration Day ComesBerdasarkan “round down” yang telah disepakati, saya harus mengajar di kelas V dan III. Saya sudah menyiapkan “Big Book” yang berisi tentang foto-foto kegiatan saya sebagai Dosen Bahasa Inggris di IAIN Ponorogo. “Really Challanging” dimana saya harus menjelaskan kewajiban dosen yang tertuang dalam “Tri Darma Perguruan Tinggi” yang berisikan kegiatan :

1)    Pendidikan dan pengajaran
2)    Penelitian dan publikasi ilmiah
3)    Pengabdian masyarakat kepada anak usia sekitar 9-12 tahun
Sehingga saya harus mengemas kata sesederhana mungkin agar mereka paham pekerjaan seorang dosen Bahasa Inggris.

Selain itu misi utama saya adalah memotivasi anak-anak untuk kenal dan suka dengan Bahasa Inggris. Untuk itu saya mendemonstrasikan pembelajaran Bahasa Inggris yang menyenangkan dengan menggunakan “song and body movement” / lagu dan gerak tubuh serta permainan kata “word game”. Mereka sangat antusias mengikutinya.

The Responses of SchoolSambutan pihak sekolah sangatlah mengejutkan, kami disambut dengan hangat dan tangan terbuka. Segala hal yang berhubungan dengan suksesnya Kelas Inspirasi di SDN Sundul 1 dan 2 disediakan termasuk sarana dan prasarana, mental siswa,bahkan penyediaan “refreshment” yang membuat kami berasa seperti keluarga.

Final Remarks 
Pertemuan yang hanya mungkin setengah hari ini membuat saya sadar bahwa kehadiran saya untuk berbagi inspirasi sangatlah diperlukan untuk memotivasi anak-anak terutama di daerah terpencil, agar mereka dapat menggapai mimpi dan cita-cita serta berkemauan untuk melanjutkan pendidikan kejenjang yang lebih tinggi. Mungkin saat ini sayalah yang berkesempatan menginspirasi mereka, tapi saya yakin, suatu saat mereka juga akan dapat berbagi inspirasi untuk anak-anak Indonesia.

“Kelas Inspirasi” is inspiring others to have better life.
Previous
Next Post »

Kelas Inspirasi

Berhenti mengeluh tidaklah cukup.

Berkata-kata indah dengan penuh semangat juga tidak akan pernah cukup.

Semua orang dapat turut ambil bagian dalam gerakan ini.

Lakukan aksi nyata.

Sekarang.

(Indonesia Mengajar)