Tulisanku Tentang Kelas Inspirasi

Kelas Inspirasi ?????
What ?........Itu aja pertanyaan pada diriku…….
Melalui  akun Facebook, aku mencoba mendaftar sebagai relawan pengajar. Apa yang aku punya bisakah diterima pada tatanan ini? Karena memberi belum tentu diterima dengan senang hati. 
Selesai Breifing Relawan 
SDN Ngariboyo 4 Magetan merupakan lokasi yang menjadi program yang aku daftar. Dari hasil penerimaan seleksi  dengan segala persiapan yang diberikan panitia akhirnya berangkatlah aku dengan background-ku sebagai dosen.

Relawan Pengajar Bersama Guru SDN Ngariboyo 4

Kelas 2,1,6,5 adalah kelas yang harus aku hadapi pada roadshow ini.


Di kelas 2, sebagai pengajar jam pertama aku harus bersama mereka dengan harapan masa depan yang akan diraih. Cita-cita. Apa sih cita-cita itu. Itulah dasar dari topik Kelas Inspirasi ini. Rata-rata mereka masih mempunyai cita-cita yang universal dan hanya lingkup sekitar lingkungan yang terlihat oleh mereka. Dokter, tentara, guru dan profesi umum lainnya. 

Dari profesiku yang harus aku angkat?
Aku berikan suatu pertanyaan :
"Apa  itu dosen?". 

Beberapa tahapan pengetahuan aku berikan kepada mereka.
"Nama profesi : DOSEN". Kutulis dipapan tulis. Mereka kemudian hening sejenak kayak ada iklan lewat. Tahap 1 belum berhasil. 

Lanjut tahap ke-2,
"Sekarang sekolah di mana?"
"SD…..Ngariboyo 4" jawab mereka serentak.
"Setelah itu?" 
"SMP"
"Setelah itu?" 
"SMA"
"Setelah itu?"
Kemudian macet. 
Permasalahan yang muncul ini seharusnya bisa diangkat jadi bahan penelitian.

Baru aku jelaskan kepada mereka tentang kuliah serta lokasinya, yaitu di perguruan tinggi dengan kampus tempat belajarnya. Kalau sekolah diajar guru kalau kuliah diajar dosen, kalo sekolah disebut siswa/murid kalau kuliah disebut mahasiswa.

Di sela-sela materi pasti ada “sesuatu” yang membuatku harus mengeluarkan creation of the kepepet. Ada yang ijin pipis 1-2 peserta didik, minta dihukum walau nggak salah and nggak mau hukuman sekedar nyanyi tapi push up baik putra maupun putri. Hebat! Bakat fisik yang harus dikembangkan dari otak kanan!

Apa itu DOSEN?
Di kelas 1, sebut saja Aldo, agak mempunyai impian yang berbeda. Dia ingin menjadi Bego, mungkin yang dimaksud adalah ekskavator. Aku mengambil sampel satu siswa untuk menyampaikan cita-cita dan langkah apa yang harus dilakukan, diskusi berjalan. Siswa yang lain juga memberi masukan dengan hasil akhir happy ending bernyanyi bersama.

Di kelas 6 dan 5, selevel dengan santai, friendly and easy. "DOSEN"ku berjalan dengan kesimpulan dosen adalah guru dari guru ku. Hebat khan !!!! Karena semua cita-cita dominan harus kuliah dengan dosen.

Terus semangat dan maju tuk generasi muda, motivator tuk masa depan.
Cita-cita apapun yang penting berguna bagi sesama, tambahan dari mas Alim asal masuk surga.


Sri Poerwati
Relawan Pengajar
Roadshow Kelas Inspirasi Magetan
SDN Ngariboyo 4
Profesi : Dosen
Previous
Next Post »

Kelas Inspirasi

Berhenti mengeluh tidaklah cukup.

Berkata-kata indah dengan penuh semangat juga tidak akan pernah cukup.

Semua orang dapat turut ambil bagian dalam gerakan ini.

Lakukan aksi nyata.

Sekarang.

(Indonesia Mengajar)