Ceritaku Sehari Mengajar di SDN Sidowayah 3

(Seharusnya) Saya mengenal kegiatan ini lebih awal ...

Puji syukur Alhamdulillah karena Alloh Subhanawata’ala memberikan kesempatan dan kesehatan untuk berkumpul dengan rekan rekan relawan dalam kegiatan Kelas Inspirasi Magetan #5. Shalawat dan salam senantiasa tercurah kepada junjungan kami Nabi Muhammad Salallahu Alaihi Wasalam.

Terima kasih saya ucapkan untuk Bapak Masruri, Camat Magetan yang telah memotivasi saya untuk bergabung di Kelas Inspirasi Magetan. Beliau juga alumni relawan Kelas Inspirasi Magetan.

Memberi inspirasi kepada adik adik yang masih duduk di sekolah dasar??? Waah.....jelas jadi kurang percaya diri, sangat jauh sekali pekerjaan yang sekarang saya tekuni dengan cita - cita saya yang sampai sekarang masih saya ingat. Saya dulu ingin menjadi seorang PILOT. Kenapa pilot ? Secara detailnya saya lupa, tapi itu adalah cita - cita saya yang sampai saya berusia 31 tahun tetap saya ingat.


Alhamdulillah sejak 16 bulan yang lalu saya ditugaskan di Kelurahan Tawanganom, ini membuat saya sedikit banyak memiliki waktu luang dibandingkan tugas terdahulu saya menjadi seorang sekretaris pribadi Ibu Sekretaris Daerah. Jadi pada saat ada pengumuman pembukaan pendaftaran Kelas Inspirasi Magetan #5, tanpa pikir panjang saya langsung SMS nomor telp yang ada di IG, lalu mendaftar di web. Sampai dengan pengumuman saya jadi makin tidak yakin, bisa ndak yaaaa berdiri di depan kelas, di hadapan anak anak kelas 1-6 sekolah dasar, menceritakan pengalaman, pekerjaan dan apa saja pekerjaan yang ada di luar sana kepada adik adik.

Puji syukur Alhamdulillah, deg-deg-an bisa dicairkan saat ice breaking dengan kakak - kakak relawan bersama adik - adik dan gurunya. Sampai disitu saya kembali mengingat pengalaman saya ketika masih duduk di bangku SD. Betapa saya dulu seperti mereka, memiliki hari hari yang ceria dan seru, senang bertemu dengan semua teman di sekolah, belajar bersama, upacara bendera, jajan di kantin sekolah sebelum jam pelajaran pertama, pakai dasi dan topi merah putih. Belum hilang rasa syukur saya karena pagi itu saya bisa bertemu dan berinteraksi langsung dengan anak anak hebat, yang nantinya akan menjadi pejuang agama dan menjadi anak anak yg membangun dunia. MasyaAlloh..



Masih belum hilang deg-deg-annya, nanti dikelas mau cerita apa ya, Lurah?? Pekerjaan saya, apa mau cerita rapat dengan pak RT/RW atau mau cerita tentang blangko KTP, atau apa ya....hahahahha.....

Sampai di sesi pertama dengan adik adik kelas 5 dan kelas 6, merasakan nikmatnya berdiri didepan adik adik kelas 1 dan kelas 2. Alhamdulillah semua mengalir. Saya merasa berdiri didepan anak anak saya sendiri. Saya juga merasa sangat menyayangi mereka, kenakalan, keusilan yang dulu pernah saya lakukan, bisa kembali saya rasakan dan nikmati dengan adik adik di SDN Sidowayah 3 Panekan. Sungguh rasa yang mencandu, yang ingin segera saya ulangi lagi momen momen itu.

Bukan momen dengan adik adik yang saya nikmati dan syukuri, tapi dengan sesama relawan akhirnya semua suasana mencair dan ada sisi kerinduan untuk bisa berkumpul kembali, bersama sama bercerita, bahwa kami memiliki cerita yang sama seru dengan adik - adik era milenial.


Semoga apa yang kami lakukan bisa menginspirasi adik adik, bahwa ada 2 hal yang selama ini selalu saya tekankan pada diri saya, anak anak saya dan adik adik, yang pertama adalah akhlak, yang kedua ilmu, saya percaya selama manusia memiliki akhlak dan ilmu, Allah Subhanawata’ala akan memudahkan jalan kita untuk meraih cita - cita.

Selamat mengispirasi sesama !


Verawati Setyoningrum 
Profesi : Lurah
Relawan Pengajar Kelas Inspirasi Magetan 5
Rombel SDN Sidowayah 3, Kec. Panekan, Kab. Magetan

Previous
Next Post »

Kelas Inspirasi

Berhenti mengeluh tidaklah cukup.

Berkata-kata indah dengan penuh semangat juga tidak akan pernah cukup.

Semua orang dapat turut ambil bagian dalam gerakan ini.

Lakukan aksi nyata.

Sekarang.

(Indonesia Mengajar)